bonbon blog

Awal Perkembangan Seni Kinetik Dari Heri Dono

Ada yang menarik dari perjalanan sejarah seni kinetik atau bisa juga disebut kinetic art hingga menjadi seni yang berkembang di Indonesia. Pada mulanya ditahun 1990-an seorang seniman lukis Heri Dono mempersembahkan suatu karya yang berbeda dari karya-karya seniman lain yang ada. Beliau menciptakan aquarium art, padahal sebagaimana yang kita tahu akuarium merupakan wadah untuk ikan hias, namun beliau menjadikannya sebuah karya seni segar dan terbilang baru juga merupakan cikal bakal perkembangan seni kinetic di Tanah air.

Seperti yang seringkali Ia katakan pada setiap pamerannya, bahwa akuarium adalah media bentuk yang terpadu dengan teknologi, dimaksudkan untuk mengeksplorasi suara, gaya, dan daya dalam science seni, sebelumnya bukan tidak ada seni macam kinetik, fenomena patung kinetik jelas ada namun banyak yang tak menyadari karena orang-orang diluar jalur kinetik tak mengganggap itu seni, hanya sebatas pelarian saja.

Seni kinetik merupakan hal yang berhubungan dengan karya seni yang melibatkan pergerakan menggunakan bantuan mesin atau teknis. Terpadunya gaya tiga dimensi dan prinsip mekanika menghasilkan karya yang benar-benar unik dan modern.

Karya seni kinetik memang tak bisa kita temukan pada seni yang lain, irama dan gerak yang dihasilkan benar-benar memiliki daya tarik tersendiri, sudah seharusnya revolusi dalam dunia seni semakin intens diperkenalkan sebagai pengalaman baru.




0 comments:

Post a Comment

Awal Perkembangan Seni Kinetik Dari Heri Dono