bonbon blog

Biasakan musik ada dilingkungan keluarga

Sebagaian orang tua yang menginginkan anak-anaknya menjadi pemusik kebingungan dengan hal-hal apa saja yang harus dilakukan untuk menjadikan anaknya pemusik. Apalagi jika sang anak masih berusia kecil dan belum terlihat bakatnya ada dimana. Sebenarnya ketika anak masih kecil hal itu justru mempermudah misi anda untuk membentuknya menjadi seperti apa yang anda inginkan. Salah satu cara pembentukan tersebut adalah menciptakan lingkungan yang penuh musik. Tugas anda sebagai orang tua adalah membiasakan musik ada dilingkungan keluarga.

Hal ini bisa dilakukan dengan berbagai cara misalnya mendengarkan musik, memainkan alat musik, menyanyikan lagu dan hal lainnya yang berkaitan dengan musik. Anda bisa coba beli piano dan memainkannya di waktu-waktu tertentu bersama keluarga dan sikecil untuk menumbuhkan kecintaannya pada musik atau piano. Ajak sikecil untuk menyentuh instrumen dan membiasakannya bersahabat dengan instrumen. Selain lingkungan keluarga pastikan juga diluar rumah sikecil bermain dalam lingkungan yang mendukungnya bermusik.

Lingkungan pendidikan baik formal maupun non formal yang dekat dengan musik bisa menjadi wadah yang baik bagi pengembangan bakat musik anak. Ajaklah sikecil untuk datang ke komunitas musik atau masukkan ia ke taman kanak-kanak yang menyisipkan pelajaran musik didalamnya. Biasakan anak bersosialisasi dengan para pemusik agar ia terbiasa dengan istilah-istilah musik. Seimbangkan dengan penambahan ilmu Matematika, Bahasa Inggris atau pelajaran lain karena hal ini akan membuat anak-anak semakin peka terhadap apa yang dipelajarinya. Itulah beberapa tips untuk membuat anak anda mencintai musik dan menjadi musisi dikemudian hari.




0 comments:

Post a Comment

Biasakan musik ada dilingkungan keluarga