bonbon blog

Alat Musik Unik dan Menarik Khas Dari Korea

Dibalik kejayaan Kpop yang mewabah keseluruh penjuru dunia, Korea menyimpan harta karun dalam kesenian traditionalnya. Korea sebagai negara yang sangat menghargai budayanya sangat fokus dalam menjaga kelestarian warisan budaya Korea, mereka tidak ingin tinggalan nenek moyang mereka  hilang begitu saja sehingga berbagai kesenian khas korea baik itu tarian, baju ataupun alat musik traditional  masih tetap dijaga eksistensinya oleh  pemerintah korea dan masyarakatnya. Kesenian traditional Korea yang paling unik adalah alat musiknya. Gayageum, Haegeum dan Janggu merupakan alat musik khas Korean yang memiliki suara indah dan kental akan budaya korea.


Gayageum dan Haegeum

Karena namanya hampir sama kedua alat musik ini juga mempunyai persamaa yaitu sama-sama memakai senar. Bila Gayageum memiliki 12 tidak dengan Haegeum yang hanya bersenar 4 saja. Kedua alat musik ini memiliki perbedaan dari segi bentuk dan cara memainkannya.Gayageum termasuk dalam jenis alat musik petik berupa seperti kecapi sedangkan Haegeum  lebih menyerupai rebab dan untuk memainkanya harus dengan jalan digesek. Dalam perkembanganya, baik Gayageum dan Haegeum telah dimodifikasi dengan jumlah senar yang lebih banyak dari Gayageum asli. Gayageum modern bisa memiliki hingga 25 senar yang terbuat dari nilon. Untuk Gayageum ada tipe yakni Gayageum yang bisa dimainkan oleh seorang yang dikenal dengan Gayageum Sanjo, ataupun Gayageum Jeongak yang bisa mengiringi musik orkestra. Kedua alat musik Gayageum dan Haegum mempunyai kualitas suara yang mampu membuat hati terasa lebih tentram dan nyaman apabila mendengar kedua alat musik ini dimainkan.

Janggu atau Janggo

Alat musik khas traditional yang satu ini memang wajib diketahui. Alat musik perkusi yang satu ini memiliki bentuk yang menarik hampir menyerupai jam pasir  terbuat dari kayu dengan  dilapisi kulit hewan pada kedua sisinya. Pada dasarnya Janggu atau Janggo ini seperti alat musik genderang di Indonesia.  Dua buah tongkat kayu kecil biasa digunakan untuk menabuh Janggu ini untuk menghasilkan bunyi Janggu yang mengelegar.Alat musik ini biasa untuk mengiringi lagu traditional dan pementasaan musik. klik disini untuk melihat koleksi alat musik modern.



0 comments:

Post a Comment

Previous Newer Post
Alat Musik Unik dan Menarik Khas Dari Korea